Contoh tampilan desktop Windows 10 *di laptop saya wkwkkw..

Pengantar

Kebanyakan orang umumnya akan menilai kualitas sebuah program hanya dengan melihat tampilannya saja. Program yang baik seharusnya mempunyai tampilan yang baik pula. Namun, pada kenyataannya itu semua kembali kepada pihak pengembangnya dan untuk tujuan apa sebuah program itu dibuat. 

Apa itu User Interface?

User Interface atau yang biasa disebut UI adalah sebuah tempat dimana terjadi interaksi antara manusia dengan mesin terjadi. UI juga bisa dibilang adalah sebuah tampilan program. Saat kita menjalan sebuah program kebanyakan kita akan berhadapan dengan UI-nya, mengapa dibilang "kebanyakan"? Karena tentu saja tidak semua program komputer yang dijalankan memiliki UI untuk menjalankan fungsinya, biasanya program seperti itu adalah driver, system, atau malware.

Apa tujuan dari UI?

Game mana yang mudah dipelajari,

yang ini
game battleship dari bigfishgames.com

atau yang ini
game battleship buatan saya sendiri hehe...
hayo... pilih yang mana? Tentu saja game battleship yang pertama kan? Itulah salah satu tujuan dari dibuatnya UI yaitu mempermudah si pemakai untuk mempelajari sebuah program.

Program yang pertama bisa dikatakan user-friendly. Apa artinya? Artinya program tersebut mudah digunakan oleh penggunanya dan enak dilihat.

Bagaimana Hubungan antara UI dengan Perfroma sebuah Program?

Apabila sebuah program mempunyai UI yang sangat rumit dengan yang biasa dijalankan pada mesin yang sama dan berspesifikasi rendah maka akan terlihat perbedaannya. Pada program dengan UI yang rumit tentu akan menambah beban proses dari si mesin sehingga eksekusinya cenderung lebih lambat dan sebaliknya pada program dengan UI yang biasa.

Oleh karena itu, pada saat akan membuat program, UI juga menjadi salah satu pertimbangan para pengembang terutama jika ingin membuat program agar bisa laris di pasaran. Namun, dengan hadirnya berbagai komputer dengan spesifikasi tinggi terutama untuk tujuan gaming seperti Asus ROG atau komputer dengan Nvidia GeForce GTX 1080 dan Intel i7 seri 5 tentu tidak akan menjadi masalah.


Game Final Fantasy membutuhkan komputer dengan spec tinggi

Kesimpulan

Kesimpulannya, UI adalah salah satu komponen penting dalam sebuah program meskipun tidak semua program menggunakannya. UI juga menjadi salah satu pertimbangan penting dalam membuat sebuah program dan juga memengaruhi performa program dan spesifikasi mesin yang dibutuhkan untuk menjalankan programnya.

Referensi :