Sebagian besar dari kalian tentu pernah membuat akun untuk media sosial atau email dan kalian diminta untuk membuat password yang "kuat". Pernahkah kalian terpikirkan mengapa harus menggunakan password yang "kuat"?

Dalam konteks ini password yang "kuat" berarti password yang sulit untuk ditebak meskipun password sudah terenkripsi menggunakan metode tertentu. Contohnya kalian mempunyai password "kucing". Password tersebut tidaklah kuat karena "kucing" merupakan frase yang umum yang hampir semua orang tau dan bisa ditebak. Jika kalian yang menebaknya mungkin waktunya bisa agak lama tergantung keberuntungan. Akan tetapi, bagaimana kalau yang menebak password kalian adalah mesin? Tentu hasilnya bisa sangat singkat jika kalian menggunakan password seperti itu.

Itulah sebabnya kalian diminta membuat password yang "kuat" seperti yang disarankan pada saat kalian membuat sebuah akun apapun akunya. Lalu, bagaimana mengetahui password kita kuat atau tidak? dan bagaimana password yang kuat?

Untuk mengetahui password kalian kuat atau tidak kalian bisa mencari di google "md5" atau "md5 hash generator" tanpa tanda petik. Lalu, hasil yang kalian dapat akan berupa seperti ini

password : kucing
md5         : b65845fca59b323bd285bdcada3454c8

Selanjutnya kalian cari "md5 decrypt" tanpa tanda petik di google. Kemudian, kalian gunakan hasil hash md5 tadi untuk di decrypt menggunakan web yang kalian pilih. Hasilnya seharusnya berupa kucing juga. Sekarang, coba password yang dibawah ini menggunakan cara yang sama seperti tadi.

password :
  1. kucing123
  2. kurangkerjaan
  3. kurangkerjaan123
  4. miqdad
Nah, bagaimana hasilnya? Saya telah mencobanya dengan empat web dan hasilnya untuk nomor 1 dan 2 semua web dapat mengetahui hasilnya, untuk nomor 3 dan 4, tiga dari empat web bisa mengetahui hasilnya.

Oke, setelah mencoba hal yang tadi sekarang saya akan memberikan tips bagaimana membuat sebuah password yang kuat.
  1. Jangan menggunakan frasa yang umum. "kurangkerjaan" ajah bisa ketebak hayo? hehe....
  2. Kalau bisa jangan menggunakan nama sendiri. Kalau pengen, tambahkan beberapa kombinasi. Nomor 4 ajh ketebak kan?
  3. Jangan ada pengulangan seperti "wkwkwkwkw".
Saya juga punya beberapa kriteria versi saya untuk password yang kuat
  1. Semakin panjang semakin bagus.
  2. Gunakan kombinasi huruf kapital dan angka
  3. Peletakannya tidak teratur seperti "w8A9kW0a84w".
  4. Passwordnya tidak berhubungan dengan apapun tentang diri kalian.
Untuk yang nomor 4 mungkin dirasa agak susah ya karena sebagian besar password yang dibuat menggambarkan si pemiliknya
Nah, sekarang kalian sudah tau kan caranya mengukur kekuatan password? Kalian bisa mencoba metode yang sama dengan password kalian. Jika hasilnya bisa ketebak kalian bisa mengganti password kalian dengan yang baru menggunakan tips dan kriteria yang sudah saya kasih.

Sekian dari saya semoga bisa bermanfaat dan jangan sungkan untuk membagikan artikel ini ke teman-teman kalian. Apabila kalian menjadikan artikel ini sebagai sumber untuk artikel kalian jangan lupa untuk menyertakan kredit art-is-thick.blogspot.com. Terima kasih!

Spoiler untuk web yang digunakan:
encrypt md5 :
decrypt md5 :