Kalian pernah mendengar istilah Micropocessor dan Microcontroller kan? Dan mungkin kalian masih sangat keliru tentang kedua hal tersebut, sebenarnya apa yang membedakan Micropocessor dengan Microcontroller?

Microprocessor

Intel 80486 32 bit microprocessor
Microprocessor merupakan sebuah integrated circuit yang didalamnya terdapat sebuah CPU (Central Processing Unit). Microprocessor ini multifungsi kecepatan kerjanya dikendalikan oleh clock. Untuk bisa berfungsi microprocessor membutuhkan RAM, ROM, dan I/O unit yang tehubung dengannya.









Microcontroller

Atmega microcontroller
Microcontroller merupakan sebuah integrated ciruit sama seperti microprocessor hanya saja didalamnya sudah terdapat RAM, ROM, I/O unit, dan biasanya kecepatan kerjanya sudah ditetepkan misal 200 MHz. Jadi pada dasarnya microcontroller adalah sebuah komputer kecil.


Dari definisi di atas dapat dibedakan bukan? Tidak hanya itu microprocessor dan microcontroller mempunyai fungsi yang berbeda pula.

Perbedaan Fungsi

Microcontroller ini biasanya diperuntukan untuk melakukan tugas yang spesifik misalnya sebagai pengatur lampu persimpangan jalan, sedangkan microprocessor digunakan untuk tugas yang umum dan bermacam-macam contohnya gadget seperti gameboy dan nintendo dan teman-temannya.

Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan spesifikasi dari microcontroller yang sudah tertanam sehingga tidak dimungkinkan untuk mengubah spesifikasinya, sedangkan untuk keperluan seperti game diperlukan spesifikasi yang lebih dikarenakan tugas yang harus dilakukan sebernarnya bukan hanya menjalankan aplikasi gamenya. Kalkulator scientific juga menggunakan microcontroller sebagai otaknya karena untuk menghitung fungsi-fungsi yang berat.

Kalian tau Arduino dan Raspberry Pi? Yak, kedua benda tersebut dapat dijadikan contoh perbedaan microcontroller dan microprocessor. Arduino menggunakan microcontroller sehingga sering digunakan unutk dijadikan otak robot yang tugasnya tidak terlalu berat. Raspberry Pi menggunakan microprocessor yang sanggup menangani sejumlah tugas berat seperti dijadikan console game atau sebagai komputer mini.

Sekian artikel ini semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan kalian, terima kasih.

Rujukan :
https://en.wikipedia.org/wiki/Microcontroller
https://en.wikipedia.org/wiki/Microprocessor
http://www.differencebtw.com/difference-between-processor-and-microprocessor/