Terdapat dua jenis memori yang digunakan oleh komputer yaitu volatile dan non-volatile memori. Volatile memory adalah memori yang datanya akan hilang apabila tidak terhubung dengan sumber listrik seperti RAM. Non-volatile memory adalah kebalikan dari volatile memory seperti sd card, hard disk, dan flash disk.
Non-volatile memory (RAM)

Memori pada komputer terbagi dua yaitu memori primer dan memori sekunder. Memori primer yaitu RAM dan cache. Memori sekunder yaitu hard disk atau SSD.

Memori yang terdapat di RAM dibagi menjadi 16 blok dari 0 sampai F yang fungsinya kebanyakan untuk menyimpan hasil pemrosesan data.

Blok memori pada IBM PC
Memori tersebut dibagi-bagi agar mudah dalam pengaksesannya jika dibutuhkan. Jika tidak dibagi seperti itu maka akan sulit untuk mengakses memori tempat dimana data atau program disimpan seperti BIOS tempatnya harus difix-kan, jika tidak akan sulit untuk mengakses BIOS karena tidak tahu dimana BIOS disimpan.

Tutorial kali ini dicukupkan selanjutnya kita akan menginstall IDE yang digunakan dalam tutorial bahasa assembly ini yaitu emu 8086. Terima kasih.

Baca Selanjutnya..!!! Tutorial Assembly #3 Memasang emu8086