Kalian mau kirim-kirim pesan rahasia tapi nggak mau ribet? Art If Fact punya solusinya yaitu dengan menggunakan program enkripsi sederhana yang ditulis dengan bahasa C.

Spoiler program yang saya buat


Tapi saya nggak bisa bahasa C qq.... :'( Tenang ajh kalian bisa pakai bahasa pemrograman yang kalian bisa, begini algoritmanya...

Pertama kalian harus tau terlebih dahulu banyaknya karakter dalam pesan yang mau dienkripsi atau dekripsi, kalau di C bisa pake strlen(const *char). Lalu, kalian buat fungsi looping dari 0 sampai dengan jumlah karakternya. Kalian bisa menggunakan do-while, while, atau for untuk loopingnya.

 fp = fopen("cipher.txt","w");  
   int i,x=strlen(txt);  
   for(i=0;i<x;i++){  
     fprintf(fp,"%c",txt[i]+3);  
   }  
   fclose(fp);  

Kemudian dari loop itu kalian ubah satu persatu karakternya dengan menggunakan metode enkripsi kalian, kalau di program ini setiap karakternya dimajukan 3 karakter dalam tabel ASCII, sampai karakter terakhir, untuk lebih jelasnya bisa dilihat di atas. Pada program saya hasil dari enkripsi atau dekripsi langsung ditulis di file txt-nya.

Untuk dekripsinya tinggal balik saja algoritma enkripsinya, sisanya sama seperti enkripsi. Kalau untuk program ini bisa enkripsi dan dekripsi pesan jadi lebih simpel.

Untuk fitur sisanya kalian bisa tambahkan sendiri, kalau di program yang saya buat, pesan yang ingin dienkripsi atau dekripsi ditulis di luar program jadi programnya hanya mengenkripsi dan mendekripsi pesan dari textnya saja.

Sekian tutorial ini semoga bermanfaat, terima kasih.

Berkas ekstra :