Gambaran dari isi kepala manusia

Kalian mungkin pernah mendengar ALU terutama kalian yang senang dengan overclocking. ALU merupakan komponen yang penting dalam CPU. Jika CPU adalah kepalanya maka ALU ini adalah otaknya.

Definisi

ALU merupakan singkatan dari Arithmetic Logic Unit. ALU ini merupakan sebuah komponen yang terdapat dalam Central Processing Unit (CPU). Salah satu fungsi dari CPU adalah untuk memanipulasi data dan yang melakukannya adalah ALU. ALU dapat melakukan fungsi berupa fungsi artimatik dan logika. 

Fungsi artimatik yang dapat dilakukan berupa:
  1. Penambahan
  2. Pengurangan.
  3. Perkalian.
  4. Pembagian.
  5. Increment (tambah 1).
  6. Decrement (kurang 1).
Fungsi logika yang dapat dilakukan berupa:
  1. AND
  2. OR
  3. NOT
Ketiga fungsi logika diatas merupakan fungsi dasar dari ALU.

Cara Kerja

Dari penjelasan di atas pada dasarnya ALU bisa dikatan adalah sebuah operator. Pertama, ALU mengambil operand yang ingin dioperasi dari temporary register. Operand yang diambil bisa dua atau satu tergantung operasi apa yang akan dilakukan.

Kemudian, control unit akan memberitahu ALU operasi apa yang akan dilakukan nantinya dan hasil dari operasi itu akan mempengaruhi nilai dari flags dan nilai flags itu sendiri bisa djadikan operand.
Diagram block intel 8086 CPU

Cara kerja ALU ini sebernarnya merupakan pengembangan dari mesin hitung sederhana yang sudah dibuat oleh pendahulu kita. Kalian bisa googling Pascaline atau kalian bisa belajar pemrograman bahasa assembly agar kalian lebih mengerti cara kerja ALU.
Diagram CPU sederhana

Mesin hitung pascaline yang menjadi dasar dari ALU

Jika dirasa penjalasan diatas masih kurang kalian bisa mencari penjelasan lebih lanjut pada link di bawah.

Terima kasih karena telah membaca artikel ini, semoga bermanfaat dan bisa menambah pengetahuan kalian.