Kalian tentu pernah mengamati langit disaat malam hari bukan? Dan pada saat mengamati apakah kalian tau ada apa saja yang ada pada langit di malam itu? Beberapa mungkin dari kalian mungkin tahu perbedaan antara bintang-bintang dan planet-planet yang terlihat di malam hari, tapi apakah kalian mengenali bintang dan

Apakah kalian suka mengamati langit di malam hari? Apakah kalian tahu perbedaan antara planet dan bintang?

Banyak dari kalian mungkin bisa menjawab iya kedua pertanyaan tadi, tetapi apakah kalian tahu tentang bintang-bintang dan planet-planet yang kalian lihat? Jika tidak, kalian jangan bersedih dan menggalau dengan menatap langit tanpa mengetahui apa yang kalian lihat, Art-Is-Thick punya cara untuk mengenali objek langit menggunakan sebuah aplikasi, namanya "Heavens Above".

Icon Heavens Above
Bagaimana spesifikasi smartphone android yang dibutuhkan untuk menggunakan aplikasi tersebut?
  • Koneksi internet
  • GPS dan location services
  • dan tentu saja space memori yang cukup
Selanjutnya download dan install aplikasi tersebut via google play. Lalu, buka aplikasi tersebut, pastikan anda terhubung dengan internet dan enable location anda. Setelah itu, aplikasi tersebut akan mendonwload database yang diperlukan dan akan update setiap hari.

Kemudian, anda akan mendapati home yang seperti ini


Kemudian tap bagian Live sky chart lalu anda akan mendapat interface seperti ini



gambar 1.1

 Lalu, arahkan bagian belakang smartphone anda ke langit dan bagian atas ke utara, sehingga pointer berada tepat di tengah layar sehingga terlihat seperti gambar 1.1

Terakhir, cocokan dengan benda langit yang terlihat seperti bulan agar anda yakin chart tersebut sesuai. Anda juga bisa zoom in chart tersebut seperti zoom-in foto unutk mengenali objek yang lebih jauh.

Untuk lebih jelasnya anda bisa scroll ke bawah dan lihat petunjuknya.

Sekian tutorial ini, semoga bermanfaat dan share ke teman kalian, terima kasih.