Kalian mungkin pernah melihat di film tentang orang yang mencoba menembus sebuah sistem keamanan dengan memecahkan kode rahasianya atau seorang detektif yang mencoba memecahkan sandi rahasia atau sebuah pesan kematian. Yak semua itu disebut KRIPTOGRAFI dalam KBBI berarti "Teknik yang mengubah data menjadi berbeda dari aslinya dengan menggunakan algoritma matematika sehingga orang yang tidak mengetahui kuncinya tidak akan dapat membongkar data tersebut".

Menurut Oxford Dictonaries cryptography berarti (n) "The art of writing and solving codes" dalam bahasa indonesia berarti "Seni menulis dan memecahkan kode-kode" atau dalam masa moderen ini dikenal dengan istilah enkripsi dan dekripsi.

Dalam dunia IT kriptografi ini digunakan ketika kita ingin mengenkripsi dan mendekripsi sebuah data agar orang lain yang tidak bersangkutan tidak dapat membaca data apa yang kita kirim. Biasanya data yang di enkripsi merupakan data pribadi seseorang atau perusahaan yang memang hanya ditujukan untuk pemakaian pribadi atau khusus.


Poster film "The Imitation Game"
Kalian pernah menonton film "The Imitation Game"? Film ini menceritakan tentang seorang matematikawan bernama Alan Turing yang mencoba mendekripsi kode yang dihasilkan oleh enigma yaitu sebuah mesin pengenkripsi pesan yang digunakan Militer Jerman pada saat perang dunia ke dua. Di film itu ia berhasil membuat sebuah mesin yang bisa mengenkripsi seluruh pesan yang dihasilkan enigma hanya dengan memasukan pesan yang ingin di enkripsi dan dengan mesin itu dapat membawa negaranya menang PD2.

Dalam kriptografi kalian akan membuat sebuah cipher text yaitu hasil enkripsi dari plain text atau pesan semula sebelum di enkripsi pesan inilah yang nantinya akan kalian sampaikan ke orang yang kalain tuju. Sekarang art-is-thick akan membantu kalian untuk membuat sebuah cipher text dengan menggunakan metode enkripsi sederhana.

Pesan yang akan kita enkripsi adalah "Hai sayang" dan metode yang akan kita gunakan:


  1. Setiap huruf digeser 3 karakter selanjutnya. Contoh A -> D, X -> A. (pertahankan huruf kapital)
  2. Mesin Enigma yang digunakan pada PD II
  3. Setiap 2 huruf akan saling ditukar, apabila tidak ada pasangannya maka tidak ditukar. Contoh Hai -> Ahi
Sekarang kita lakukan langkah pertama

Hai sayang -> Kdl vdbdqj

Selanjutnya langkah kedua

Kdl vdbdqj -> dKl dvdbjq

"dKl dvdbjq" inilah cipher text kita lalu kita akan sampaikan ke orang yang dituju dengan catatan si doi tahu bagaimana menerjemahkannya. Art-is-thick punya cara lain, cara ini terinspirasi dari film Sherlock Holmes yaitu apabila huruf pertama dari pesan adalah konsonan maka isi sebenarnya dari pesan itu adalah kebalikanya contoh

Pesan asli : Hai kak saya lapar, titip makanan ya nanti saya yang bayar.
cipher text : Hai kak saya kenyang, nggak titip makanan ya nanti kakak yang bayar.

Agak rumit memang jika si doi salah mengartikan pesan yang kita sampaikan wkwkwkwkwk. Setelah membaca artikel ini kalian mungkin tertarik membaca artikel tentang salah satu dari metode enkripsi Apa itu MD5?.

Sekian artikel ini semoga bermanfaat, jangan lupa share artikel ini ke teman-teman kalian dan jangan lupa untuk menatruh kredit art-is-thick.blogspot.com jika kalian menjadikan aritikel ini sebagai referensi artikel kalian. Terima kasih.

Referensi :