Kalian mungkin pernah mendengar istilah "MD5 checksum" terutama untuk kalian pengguna "smartphone" berbasis android. Tapi, mungkin kalian pernah bertanya apa itu MD5?

MD5 merupakan singakatan dari Message Digest 5 yaitu sebuah algoritma yang digunakan untuk membuat 128 bit nilai hash dari sebuah teks. Teorinya, pesan yang sudah dihash tidak akan kembali ke pesan awalnya.

MD5 digunakan untuk mengenkripsi password atau mengecek inetegritas dari sebuah data. Contohnya pada saat kalian login menggunakan password. Password yang kalian gunakan akan dihash terlebih dahulu menggunakan algoritma MD5 kemudian hasilnya akan dicek menggunakan nilai hash yang sudah didapat ketika kalian membuat password itu. Selain itu, MD5 ini juga digunakan ketika kalian mengunduh file. File yang kalian unduh dihash terlebih dahulu. Kemudian, hasilnya dikirim ke komputer kalian untuk dimengecek file kalian ketika downloadnya sudah selesai. Jika hasil dari file yang kalian download dengan hash dari yang kalian dapat di awal tidak cocok maka file yang kalian download dinyatakan ERROR.

Setelah kalian membaca artikel ini kalian mungkin tertarik membaca artikel sebelumnya yang masih menyinggung hash juga Bagaimana Search Engine bisa Mencari Kata Kunci dengan Cepat?.

Sekian artikel ini semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk membagikan atikel ini ke teman-teman kalian dan +1 di google plus ya! Terima kasih.

Referensi :
http://www.guru99.com/how-to-make-your-data-safe-using-cryptography.html
http://www.fastsum.com/support/md5-checksum-utility-faq/md5-checksum.php
https://en.wikipedia.org/wiki/MD5