Source : androidagent.com



             4G, apa yang kalian pikirkan bila kalian mendengar nama ini ???


Yaa, mungkin yang kalian pikirkan adalah jaringan yang sangat kencang dan juga paket internet yang sangat murah, tapi apakah sebenarnya 4G/LTE itu , mungkin itu masih terpikirkan oleh kalian dan mungkin masih ada yg bingung bahkan mungkin masih belum tau sama sekali dengan 4G karna masih setia dengan 3G ?? :D

Art-If-Fact pada kali akan membahas mengenai Jaringan 4G /LTE dan juga voLTE.
4G itu sendiri merupakan pengembangan dari teknologi 3.5G,3G,2.5G,2G dan 1G.
Perbedaan kecepatan internet 3.5G,3G,2.5G,2G dan 1G pun sangatlah berbeda jauh.


Jaringan                 Kecepatan

1G                                  1-14Kbps
2G                                  9-14Kbps
 2.5G (EDGE)                20-40Kbps
    3G                                 500-700Kbps
            3.5G (HSDPA)             800Kbps-7.2Mbps
    4G                                 7.2-300Mbps


Dari tabel di atas kita sudah mulai mengetahui bahwa 4G itu adalah Jaringan Internet yang tercepat saat ini, yaitu dengan kecepatan downloadnya yang sampai dengan 300Mbps

Bisakah kita merasakan 4G ??


Ya, sangatlah bisa, karna Sistem 4G menyediakan jaringan pita lebar ultra untuk berbagai perlengkapan elektronik, contohnya telpon pintar dan laptop menggunakan modem USB.


Saya sering mendengar  4G WiMAX, dan 4G LTE, memang beda yaa ???

WiMAX


Ya ,terdapat dua kandidat standar untuk 4G yang dikomersilkan di dunia yaitu standar WiMAX (Korea Selatan sejak 2006) dan standar Long Term Evolution (LTE) (Swedia sejak 2009).
WiMAX adalah singkatan dari Worldwide Interoperability for Microwave Access, merupakan teknologi akses nirkabel pita lebar (broadband wireless access atau disingkat BWA) yang memiliki kecepatan akses yang tinggi dengan jangkauan yang luas.
WiMAX merupakan evolusi dari teknologi BWA sebelumnya dengan fitur-fitur yang lebih menarik. Disamping kecepatan data yang tinggi mampu diberikan, WiMAX juga merupakan teknologi dengan open standar. Dalam arti komunikasi perangkat WiMAX di antara beberapa vendor yang berbeda tetap dapat dilakukan (tidak proprietary). Dengan kecepatan data yang maksimal 70Mbps.
Di Indonesia, WiMAX pertama kali diluncurkan oleh PT. FirstMedia dengan merek dagang Sitra WiMAX sejak Juni 2010.





LTE (Long Term Evolution)


LTE sendiri adalah singkatan dari Long Term Evolution, yang maksudnya adalah sebuah standar komunikasi akses data nirkabel tingkat tinggi yang berbasis pada jaringan GSM/EDGE dan UMTS/HSPA.
Jaringan antarmuka-nya tidak cocok dengan jaringan 2G dan 3G, sehingga harus dioperasikan melalui spektrum nirkabel yang terpisah. Teknologi ini mampu download sampai dengan tingkat 300mbps dan upload 75mbps. Layanan LTE pertama kali dibuka oleh perusahaan TeliaSonera di Stockholm dan Oslo pada tanggal 14 desember 2009.
Kemudian teknologi LTE pertama kali diluncurkan di Indonesia oleh PT. Internux dengan merek dagang Bolt Super 4G LTE sejak 14 November 2013.




Apa itu VoLTE ???


VoLTE (Voice Over LTE) atau istilah mudahnya adalah Nelpon/berbicara dengan lawan bicara dengan jaringan LTE, ya jaringan LTE/4G.
Karna selama ini kita biasanya hanya melakukan nelpon dengan jaringan 3G/2G saja.
Jadi, dengan VoLte ini kita tidak ribet-ribet bisa ingin menelpon harus merubah ke 3G dulu bila sedang berada di jaringan 4G.
Ini adalah kekurangan dan kelebihan VoLTE .



Kelebihan :

  • Suara yang dihasilkan lebih jernih
  • Hanya butuh waktu 2detik untuk tersambung ke nomor tujuan
  • Video Call Jernih dan Lancar
  • Video Call tidak menggunakan Kuota

 

Kekurangan :

  • Masih banyak smartphone yg belum support VoLTE
  • Hanya bisa digunakan dengan sesama VoLTE

Jadi, Segeralah Upgrade SIM Card kalian menjadi kartu 4G, dan rasakan menjadi Generasi 4G, atau kalian masih setia dengan 3G atau mungkin dengan 2G ??? :D

-Terima Kasih-