Tutorial kali ini akan membahas tentang bagaimana membuat animasi typewriter sederhana dengan bahasa C++. Sebelumnya, kalian pasti sudah tau apa itu animasi type writer kan? Animasi typewriter adalah animasi yang memunculkan tiap karakter dalam sebuah string dengan jeda tertentu tiap karakternya sehingga seolah-olah teks tersebut sedang diketik.

Jika kalian sudah mengerti konsep dari animasi tersebut kemudian adalah menerapkan konsepnya kedalam bahasa C++. Kalau dibahasa C++ logikanya bisa diartikan kita akan memunculkan karakter ke I dalam sebuah string lalu diberi jeda sekian detik kemudian memunculkan karakter I+1 dan begitu seterusnya sampai  N-1 dengan N sebagai jumlah karakter dalam stringnya.

Mudahkan konsep dan pemrogramannya? Selanjutnya kita akan menulis kodenya berdasarkan konsep dan pemrogramannya. Untuk contoh kodenya kurang lebih seperti ini :

Bahas kodenya yuk...!! Perlu diingat untuk kodenya hanya bisa di compile di platform windows karena kita menggunakan header windows.h. Selanjutnya kita buat dulu sebuah string yang ingin kita tampilkan. Kemudian, kita akan buat looping untuk memunculkan tiap-tiap karakter dalam string dari karakter ke 0 sampai N-1 atau sampai dengan panjang stringnya, disini kita menggunakan fungsi strlen() untuk mengetahui jumlah karakter dalam string.

Selanjutnya memberi jeda dengan fungsi Sleep() didalamnya kita masukan integer sebagai argumennya ingat jeda yang akan kita masukan satuannya microsecond(ms). Untuk system("pause") hanya sekedar tambahan agar consolenya tidak langsung tertutup setelah dijalankan. Perlu diingat juga bahwa fungsi strlen(), system(), dan Sleep() ada di dalam header windows.h.

Sekian tutorial kali ini semoga bermanfaat, kalian juga bisa menambahkan stringnya atau memodifikasinya sehingga sesuai dengan yang kalian inginkan. Jangan lupa untuk mentertakan credit dari blog ini apabila kalian ingin repost blog ini terima kasih.