Dalam tutorial kali ini akan membahas bagaimana membuat sebuah program penghasil kode sederhana dengan C++.

Pertama-tama kita harus membuat algoritmanya terlebih dahulu. Kode yang akan dihasilkan berupa huruf kecil, kapital ,dan angka. Kita akan membuat empat variabel yaitu kar, K, L, M, dan N. Variabel kar berfungsi untuk menentukan berapa banyak karakter yang akan dihasilkan, variabel K berfungsi untuk menentukan karakter selanjutnya yang akan muncul, jika K berinilai 0 karakter selanjutnya berupa huruf atau angka jika bernilai 1, jika karakter yang akan dihasilkan selanjutnya berupa karakter maka L akan menentukan huruf tersebut huruf kapital jika bernilai 0 atau kecil jika bernilai 1, variabel M berfungsi untuk menentukan huruf apa yang akan muncul, variabel N berfungsi untuk menentukan angka apa yang akan muncul.

Setelah membuat algortimanya kita akan menulis kodenya seperti ini :

Sekarang kita akan membahas headernya :


  1. <cstdio> karena kita memakai prinf() dan scanf() maka kita harus menggunakan header ini.
  2. <cstdlib> header ini di-include-kan karena kita memakai fungsi srand() dan rand().
  3. <cctype> header ini digunakan agar kita bisa menggunakan fungsi toupper().
  4. <ctime> digunakan karena kita akan menggunakan fungsi time untuk di jadikan argumen fungsi srand().

Berikutnya kita akan membahas main-nya. array of char b[] digunakan untuk menampung huruf kecil abjad. srand(time(null)) digunakan agar nilai yang dihasilkan oleh fungsi rand() akan berbeda-beda setiap kali program dijalankan. rand() berfungsi untuk menghasilkan sebuah nilai yang nantinya nilai itu akan digunakan untuk menghasilkan nilai pada variabel K, L, M, dan  N. Fungsi toupper() digunakan karena kita ingin mengasilkan huruf kapital dari b[] ke M.


Saya sengaja tidak membahas kodenya per-line karena saya sudah menganggap kalian sudah memahami dasar-dasar dan logika pemrograman.

Sekian tutorial ini semoga bisa bermanfaat, apabila ada kesalahan mohon koreksinya dengan bahasa yang baik dan sopan terima kasih.

Baca juga..!!! Membuat Animasi Typewritter Sederhana dengan C++